Yudisium Biologi UNAS Ajak Mahasiswa Pahami Pesan Albert Einstein

JAKARTA [UNAS] – Sebanyak 19 calon wisudawan dan wisudawati Fakultas Biologi Universitas Nasional (Fabio UNAS) menghadiri acara pelepasan pada hari Selasa, (28/9). Acara Yudisium pelepasan mahasiswa biologi ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Biologi Imran L Tobing dan hadir sebagai pembicara alumni Fabio UNAS Bambang darsono.

Sebagai pembicara Bambang Darsono membuka acara dengan mengutip perkataan dari Albert Einstein yang berbunyi ‘Hanya orang gila yang mengharapkan perubahan sementara dirinya sendiri tidak berubah’ yang seolah ingin membakar semangat para wisudawan. Ia pun memberikan tips–tips untuk memenangi persaingan dalam dunia kerja yang begitu kompetitif dan cepat seperti sekarang ini.

“Beberapa hal yang harus dimiliki untuk memenuhi standar  dan kriteria yang dibutuhkan oleh pasar. Pertama kita harus melakukan perubahan kita tidak boleh stagnan atau diam ditempat dengan kemampuan yang ada seorang karyawan yang unggul harus memiliki berbagai macam kealian selain background pendidikan yang dimiliki mereka harus update informasi tidak boleh ketinggalan zaman. Mereka harus mampu bersosial media dengan baik dan benar sebagai tanda bahwa seseorang itu aktif dan selalu siap dengan perubahan yang begitu cepat,” ujarnya.

Selanjutnya wisudawan harus pro active didalam melakukan pekerjaan artinya harus siap dan sigap jika diberi pekerjaan walaupun pekerjaan itu berbeda dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki. “Tingkatkan kompetensi, karyawan yang unggul baik dia mau berwirausaha maupun bekerja di kantor harus meningkatkan kompetensi dengan progress yang meningkat artinya setiap hari karyawan tersebut selalu memperbaharui dan mau belajar terus menerus tentang hal – hal baru yang dia belum ketahui sebelumnya,” ungkap Bambang.

Terakhir, pria yang memiliki perusahaan radio swasta di jakarta ini menambahkan seseorang dengan personal branding yang kuat akan mudah dikenali keahlian dan kompetensi nya dibanding dengan para pesaingnya yang cenderung memiliki background dan keahlian yang sama satu dengan lainnya.

Ia pun mengutip sebuah pesan cerdas dari seorang revolusioner media Steve Jobs yang yaitu “Stay Hungry Stay Foolish”. Maksudnya adalah harus tetap merasa lapar dan terlihat bodoh agar tidak cepat puas dengan hasil positif yang telah kita raih.

Selanjutnya menurut bapak Imran L Tobing yang merupakan Dekan Fakultas biologi. Berpesan kepada para caoln wisudawan dan wisudawati Fakultas Biologi UNAS agar menjaga perilaku guna menjaga nama baik alamamater khusunya Fakultas Biologi.

“Ikatan alumni biologi itu tersebar di berbagai seluruh penjuru wilayah Indonesia seperti, Aceh, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Papua, Sorong serta tersebar juga diluar negeri seperti Jepang, Malaysia, Australia, Amerika. Oleh karena itu dengan banyaknya alumni alumni fabiona yang tersebar di Indonesia maupun luar negeri mampu membuat kerjasama menjaga kelestarian hutan dan alam serta ekositem didalamnya menjadi lebih terjaga dan lestari sampai nanti,” tutupnya. (Bayu)