Visitasi Re-Akreditasi Program Studi Ilmu Keperawatan (S1)

JAKARTA – Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Nasional (FIKES UNAS) kedatanggan asesor LAM-PTKES yang berasal dari Universitas Hasanuddin (UNHAS) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Para asesor ini datang untuk melakukan visitasi re-akreditasi program studi Ilmu Keperawatan UNAS, pada Sabtu dan Minggu, 22-23 Juli 2017. 

Kedua asesor tersebut adalah Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp., M.Kes dan Dr. Sri Setyani, S.Kp., M.Kes. Acara yang berlangsung di Ruang Seminar Blok 1 Lantai 3 ini dihadiri pula oleh pimpinan fakultas ilmu kesehatan diantaranya Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Dr. Retno Widowati, M.Si., Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan, Ns. Aisyah, S.Kep., M.Kep., para dosen, serta staff dari Fakultas Ilmu Kesehatan. 

Dalam kegiatan visitasi re-akreditasi program studi ilmu keperawatan ini, kedua asesor tersebut memaparkan borang yang telah diisi oleh prodi ilmu keperawatan dan melakukan Cross check terhadap bukti lampiran yang telah dilaporkan di dalam borang tersebut. Selain itu, ada pula wawancara terhadap dosen, alumni dan mahasiswa program studi ilmu keperawatan dan kunjungan ke laboratorium, ruang dosen, perpustakaan FIKES dan ruang kelas serta ke biro-biro administrasi yang ada di UNAS. 

Proses visitasi ini merupakan tindak lanjut dari penyampaian borang akreditasi yang diserahkan oleh program studi ilmu keperawatan UNAS. Sebelum visitasi, borang tersebut melalui desk evaluation di LAM-PTKES untuk dinilai oleh para asesor. Kemudian, asesor melakukan visitasi ke program studi terkait untuk melakukan cross check antara isi borang dengan bukti pendukung yang disampaikan. Kegiatan ini merupakan hal wajib yang harus dilalui oleh program studi untuk mendapatkan akreditasi maupun re-akreditasi. Nantinya, nilai akreditasi program studi ini akan berlaku selama 5 tahun.