Visitasi Re-Akreditasi Program Studi Hubungan Internasional oleh BAN-PT

JAKARTA  (UNAS) – Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional (UNAS) kedatangan asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Rabu-Kamis (27-28/9). Kedatangan asesor BAN-PT yang terdiri dari Prof. Dr. Sri Zul Chairiyah , M.A. dari Universitas Andalas Padang  dan Ali Muhammad, S.IP., M.A., Ph.D. dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam rangka re-akreditasi program studi Hubungan Internasional.

Re-akreditasi tersebut dalam rangka evaluasi secara berkala yang terus dilakukan UNAS demi mempertahankan mutu institusi. Sebelumnya, program studi Hubungan Internasional melakukan pengisian borang yang telah diberikan oleh BAN-PT. Setelah itu, BAN-PT sendiri melakukan desk evaluation sebelum visitasi oleh asesor.

Selama proses visitasi di Ruang Seminar Blok 1 Lt 3 UNAS,  asesor melakukan cross check pengisian borang. Dan berbagai aspek dinilai selama lima tahun kebelakang. Aspek yang dinilai tersebut merupakan laporan dari program kegiatan program studi Hubungan Internasional yang akan menjadi pertimbangan akreditasi prodi Hubungan Internasional.

Akreditasi Prodi Hubungan Internasional sebelumnya adalah ‘B’ (baik). Setelah visitasi, BAN-PT akan mengeluarkan hasil penilaian akreditasi yang meliputi nilai Sangat Baik, Baik, ataupun Cukup bergantung pada penilaian yang dilakukan saat visitasi. Hasil penilaian tersebutpun akan disahkan melaui SK BAN-PT dan akan berlaku selama 5 (lima) tahun mendatang sebelum akhirnya re-akreditasi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNAS Dra. Truly Wangsalegawa, M.A., M.Ed., Ph.D, Ketua Program Studi Hubungan Internasional Drs. Reuspatyono, M.Si., serta para dosen dari Fisip UNAS.