Universitas Nasional dan Republika Kerjasama Bangun Laboratorium Jurnalistik

JAKARTA (UNAS) – Universitas Nasional dan Republika sepakat menjalin kerjasama untuk menghadirkan konten-konten pemberitaan yang lebih mendidik dan bernilai positif untuk mengembangkan sumber daya masyarakat. Maraknya peristiwa bertemakan kekerasan dan asusila yang banyak diangkat oleh media massa turut mengundang keprihatinan bersama.

Untuk itu, keduanya akan membangun laboratorium jurnalistik dimana Republika akan menjadi tutor bagi para dosen maupun mahasiswa Universitas Nasional yang ingin menulis sesuai dengan bahasa media massa. Hal ini sangat bermanfaat karena umumnya para dosen terbiasa menulis laporan penelitian dan bukan tulisan populer.

‘’Kami sangat membutuhkan praktisi professional untuk berbagi ilmu bagaimana menulis di media cetak maupun online bagi para dosen dan juga mahasiswa kami di Universitas Nasional dan pikir Republika adalah pihak yang sangat tepat untuk dapat mengasuh mereka dengan keilmuan yang dimilikinya,’’ ungkap Iskandarsyah Siregar, Ketua Pusat Studi Ketahanan Nasional Universitas Nasional, ketika menerima Pimpinan Redaksi Republika beserta jajarannya di Universitas Nasional, Rabu (10/8).

Pimpinan Redaksi Repubika, Irfan Junaidi menyambut baik hal tersebut. Republika bahkan mendorong pada dosen dan mahasiswa untuk menulis. Bahkan, pihaknya memiliki kanal dan ruang khusus di media cetak maupun online untuk memfasilitasi tulisan-tulisan yang dikirimkan oleh para dosen maupun mahasiswa. Hal ini, lanjutnya, sesuai dengan program yang sedang diusung media nasional tersebut yaitu Gerakan Literasi Ummat.

‘’Saat ini kami memang sedang merajut elemen-elemen ummat agar ummat memiliki media yang powerful yang menghadirkan realita yang tidak hanya berbau kekerasan dan hal negatif saja, namun memberikan bacaan yang mendidik. Kami sadar kalau gerakan ini hanya bertumpu pada Republika saja pasti berat, karena itu kami ingin agar seluruh ummat dapat berpartisipasi dalam gerakan ini,’’ ungkap Irfan menjelaskan maksud kunjungannya ke Universitas Nasional.

Dalam pertemuan tersebut, Universitas Nasional dan Republika juga membicarakan tentang kemungkinan kerjasama lainnya antara lain penyaluran mahasiswa untuk program magang di Republika, kerjasama pemuatan berita hingga kerjasama sirkulasi dan promosi. Bahkan, pihak Republika turut menjajaki kerjasama pelaksanaan riset dengan Universitas Nasional.

Dalam kunjungannya, Pimpinan Redaksi Republika datang bersama Wakil Pimpinan Redaksi Nur Hasan Murtiaji, Redaktur Pelaksana Republika Online, Maman Sudiaman, Manajer Sirkulasi, Haryadi B Susanto, serta Manajer Iklan, Indra Wisnu Wardana dan diterima oleh Staf Khusus Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama, Dr. Nonon Saribanon beserta staf.