Tryout TKDA dan TOEP untuk Dosen UNAS

JAKARTA [UNAS] – Guna mempersiapkan dan meningkatkan kemampuan para dosen Universitas Nasional, Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Universitas Nasional mengadakan tryout Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA) dan bagi para dosen yang diperuntukan untuk pengajuan Sertifikasi Dosen (Serdos) gelombang kedua. Pelayanan Tes Toep dan TKDA  Online Universitas Nasional bekerjasama dengan PT. Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang dilakukan di Lab. Jaringan Komputer Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Blok 4 lantai 4 Universitas Nasional, Senin (22/8).

Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA) dosen untuk seluruh dosen yang belum dapat melengkapi persyaratan pengajuan Serdos. Selain try out TKDA, dosen Universitas Nasional juga mengikuti tryout Test of English Proficiency  (TOEP).

” Jumlah peserta TKDA dan TOEP Universitas Nasional sebanyak 80 orang dari 350 dosen aktif. Pelaksanaan TKDA dan TOEP berlangsung selama tiga hari, mulai dari Senin sampai Rabu. Pada hari pertama tes ini diikuti oleh kurang lebih 20 sampai 30 dosen,” ujar Staf Bagian Pengembangan Biro SDM Universitas Nasional, Suratmin Gunmin, S.P.

Sebelum memulai tes try out, operator Pusat Layanan Tes (PLT), Yunan Fawzi , S.Kom, M.Kom memberikan penjelasan terkait dengan tes tersebut. Menurutnya, untuk lolos sertifikasi dosen, peserta harus memperoleh nilai di atas 4.0. Nilai ini diambil dari gabungan nilai yang terdiri dari nilai gabungan kualifikasi akademik dan profesi, nilai TKDA dan TOEP serta nilai deskripsi diri.

”Yang paling menentukan memang nilai deskripsi diri. Namun, kita juga harus mempersiapkan nilai-nilai lain sebagai penunjangnya,” papar Yunan.

Dalam tes TKDA, PLTI sebagai penyelenggara tes sertifikasi dosen memberikan tryout dengan memberikan berbagai soal yang berkaitan dengan kemampuan verbal, numerik dan figural. Setiap peserta diharuskan menjawab delapan sesi pertanyaan yang setiap sesinya diberikan waktu selama 1 menit untuk dua soal. Soal ketiga dan keempat tidak akan terbuka apabila waktu belum habis untuk setiap sesi begitu seterusnya untuk pertanyaan lainnya.

”Kegiatan ini sangat berguna untuk mempersiapkan dosen mengikuti tes sertifikasi dosen. Kami jadi tahu kisi-kisi soal dan sistem yang digunakan dalam tes tersebut. Hasil tryout juga terlihat sehingga kami tau bagian mana yang harus ditingkatkan agar dapat mencapai target nilai untuk lolos tes. Kegiatan ini harus dilakukan secara berkala agar seluruh dosen di lingkungan Universitas Nasional memiliki kemampuan dasar yang baik sesuai dengan standar dari pemerintah,” papar Dian Metha Ariyanti, salah satu dosen yang turut sebagai peserta.

Universitas Nasional merupakan insitusi resmi penyelenggara Tes  Kemampuan Dasar Akademik (TDKA) dan Test of English Proficiency (TOEP) secara online. Kedua tes ini merupakan salah satu syarat utama dalam penilaian sertifikasi dosen (serdos). Penunjukan UNAS sebagai salah satu tempat penyelenggara tes tersebut didapat setelah melakukan penandatangan MoU dengan Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) belum lama ini.

DIKTI telah menunjuk PLTI sebagai penyelenggara resmi dalam menyelenggarakan kedua tes tersebut yang terintegrasi dengan penilaian portofolio Serdos, sejak 2013. Hingga kini PLTI telah bermitra dengan 69 PTN/PTS untuk memberikan layanan tes TKDA dan TOEP secara on-line sesuai dengan data Serdos setiap tahun. Untuk wilayah DKI Jakarta, PLTI bermitra dengan Universitas Nasional, Universitas Negeri Jakarta, dan Bina Nusantara.