Tes TKDA dan TOEP untuk Serdos Kini Bisa Dilakukan di UNAS

JAKARTA (UNAS) – Universitas Nasional kini telah resmi menjadi penyelenggara Tes  Kemampuan Dasar Akademik (TDKA) dan Test of English Proficiency (TOEP) secara online. Kedua tes ini merupakan salah satu syarat utama dalam penilaian sertifikasi dosen (serdos). Penunjukan UNAS sebagai salah satu tempat penyelenggara tes tersebut didapat setelah melakukan penandatangan MoU dengan Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) belum lama ini.
DIKTI telah menunjuk PLTI sebagai penyelenggara resmi dalam menyelenggarakan kedua tes tersebut yang terintegrasi dengan penilaian portofolio Serdos, sejak 2013. Hingga kini PLTI telah bermitra dengan 69 PTN/PTS untuk memberikan layanan tes TKDA dan TOEP secara on-line sesuai dengan data Serdos setiap tahun. Untuk wilayah DKI Jakarta, PLTI bermitra dengan Universitas Nasional, Universitas Negeri Jakarta, dan Bina Nusantara.
‘’Universitas Nasional berkomitmen untuk turut serta memberikan pelayanan tes dengan harapan dosen-dosen yang mendapatkan kesempatan Serdos dapat mengambil pelaksanaan tes di Universitas Nasional. Keunggulan kami didukung oleh sarana laboratorium komputer yang canggih, high-speed internet, UPS dan Genset, operator atau pemandu tes yang siap memberikan panduan pelaksanaan dengan baik,’’ ungkap Dekan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI), Dr. Ucuk Darusalam, S.T., M.T.
Hingga kini, data dari DIKTI menunjukkan bahwa hampir 190.000 dosen yang belum tersertifikasi. Untuk itu hal ini adalah kesempatan bagi para dosen untuk mengambil tempat tes TKDA dan TOEP di Universitas Nasional. (*Mth)