Sutradara Ternama Tiongkok Berikan Kuliah Umum di Prodi Mandarin

JAKARTA (UNAS) – Program Studi Bahasa Mandarin Fakultas Sastra Universitas Nasional akan mengundang sutradara ternama asal Tiongkok, Profesor Xie Fei untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa UNAS, Senin (23/5). Profesor Xie Fei merupakan guru besar dan sutradara peraih Golden Bear Award dari Beijing Film Academy. Kedatangannya diharapkan membuka lembaran kerjasama Indonesia dan Tiongkok melalui dunia perfilman.

Xie Fei sendiri datang ke Indonesia dalam rangka kegiatan yang diprakarsai oleh Produksi Film Negara (PFN) dan Red and White China. Kegiatan ini mengusung tema “Pemutaran Film Tiongkok dan Kuliah Umum 2016”. Universitas Nasional menjadi tempat untuk diselenggarakannya kuliah umum tersebut. Sedangkan rangkaian kegiatan besarnya sendiri akan berlangsung dari tanggal 21-30 Mei 2016 di dua kota besar, yaitu Jakarta dan Bali.

Produksi Film Negara sebagai salah satu perintis industri film di Indonesia bersama dengan Red and White China yang fokus dan antusias dengan kegiatan pertukaran budaya antara Indonesia-Tiongkok ini akan menjembatani kedua negara dengan harapan terbukanya lebih banyak kesempatan kerjasama antara Indonesia dan Tiongkok terutama di bidang perfilman.

“Indonesia dan Tiongkok merupakan dua negara dengan peradaban dan sejarah yang sangat tua dan bernilai, tetapi selama ini kerjasama antara kedua Negara di bidang perfiliman hamper tidak ada. Harapan kami adalah, dengan adanya kegiatan ini, kedua Negara dapat lebih mengenal satu sama lain,” ungkap Co-Founder Red and White China, Peter Pan.

Kegiatan ini juga didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Kedutaan Tiongkok di Indonesia dan akan dihadiri oleh para pemerhati film dari dalam dan luar Indonesia. (*)