Shortcourse 2016 UNAS – Rutgers University

Jakarta [UNAS] – Fakultas Biologi UNAS (FABIONA) mengadakan Shortcourse 2016 pada 21-28 Juli 2016 berlokasi di Tuanan, Kalimantan Tengah. Kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengambil data, bertukar pikiran antara mahasiswa UNAS dan Rutgers serta murid-murid SMA dan masyarakat setempat.

FABIONA mengirimkan 3 murid dan Rutgers mengirimkan 9 murid dan 1 dosen. Pada shortcourse ini bukan hanya diikuti oleh UNAS dan Rutgers. Beberapa organisasi yang mengikuti acara ini seperti BOSF, BKSDA KalTeng, KPHL model Kapuas, Universitas Palangkaraya, SMA 2 dan 3 Kapuas, dan masyarakat setempat di desa Pasir Putih.

Kegiatan yang dilakukan adalah pengambilan pemberian materi dasar, pengambilan data lapangan, dan presentasi masing-masing kelompok. Kelompok yang ada dibagi menurut bidang minat masing-masing seperti herpet, pengamatan perilaku orang utan, pohon sarang, burung, vegetasi, serta membantu para penduduk membuat saringan air bersih alami dan murah

Menurut Nabela, Mahasiswa Biologi UNAS Short course ini memberikan banyak pelajaran baginya. “Pelajaran yang didapat seperti bagaimana membiasakan diri di hutan bergambut, mengenal primata, pertemanan dari berbeda budaya kerja sama, saling mengenal satu sama lain karena tidak ada sinyal, mengenal budaya dan tradisi dayak,” uangkap Nabela.

Sedangkan menurut Emily mahasiswi Rutgers, kegiatan ini merupakan pengalaman yang menyenangkan karena jika dia datang sebagai turis, maka dia tidak akan bisa mambantu para penduduk. Emily dan lainnya membuat membuat saringan air bersih alami dan murah di Tuanan, Kalimantan Tengah. (*Nab/Dif)