PERINGATI HARI KEPERAWATAN, FIKES GELAR DONOR DARAH

JAKARTA [UNAS]- Peringatan Hari Keperatawan Internasional merupakan peringatan mengenang Florence Nightingale, ia adalah merupakan  pelopor perawat modern atau dikenal  dengan nama The Lady With The Lamp. Dalam memperingati hari keperawatan tersebut, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) melakukan serangkaian acara.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan meliputi Donor Darah, Lomba Karya Ilmiah bertema “Perawat Menyambut Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)” dan Seminar yang berkaitan dengan keperawatan dalam menyambut Internasional Nurse Day (IND). Fakultas Ilmu Kesehatan yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Depok, mengadakan acara yang dilaksanakan dilingkungan kampus UNAS, Kamis (12/5).

Ns. Aisyiah, S.Kep., M.Kep selaku Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan, pada kegiatan donor darah ini memiliki beberapa persyaratan bagi para pendonor darah meliputi pengukuran tensi darah, tinggi badan, jenis darah dan HB darah, apabila persyaratan tersebut dapat terpenuhi maka pendonor darah tersebut langsung dapat diambil darahnya. Palang Merah Indonesia (PMI) menyediakan 100 lebih kantong darah, karena antusias pendonor yang tinggi dan dari berbagai kalangan yang berada dilingkungan kampus.

“Kerja sama donor darah ini merupakan langkah nyata dalam memperingati hari keperawatan, dengan kegiatan donor darah yang dilakukan dilingkungan kampus. Diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama dan dapat menolong masyarakat yang membetuhkan darah”, ujarnya.

Ia menambahkan, berbagai rangkaian kegiatan tersebut adalah memperingati Internasional Nurse Day (IND) itu sendiri namun juga memiliki tujuan untuk mempromosikan Fakultas Ilmu Kesehatan dimata masyarakat serta dilingkungan kampus.