Pemkot Pekalongan Gandeng UNAS Kembangkan SDM

JAKARTA [UNAS] – Universitas Nasional (UNAS) mendatangani nota kesepahaman dengan Pemerintah Kota Pekalongan. Nota kesepahaman tersebut berisi program dalam pengembangan sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat. Kerjasama tersebut merupakan implementasi dari Tridarma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Universitas Nasional dalam pengbdiannya terhadap masyarakat. Penandatanganan MOU oleh  Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt (UNAS), Alf Arslan Djunaid (Walikota Pemkot Pekalongan) dan turut hadir dalam acara tersebut Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri.

Salah satu Program UNAS dan Pemkot Pekalongan yang tertuang dalam nota kesepahaman ialah meningkatkan dan mengembangkan potensi Usaha Kecil Menengah (UKM). UKM yang berada dilingkungan Pemkot Pekalongan tersebut dibina untuk dapat menguasai penjualan secara online, dengan membina UKM tersebut diharapkan pelaku UKM dapat memperluas jangkauan pemasaran produknya.

Menurut Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt selaku Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama,“Universitas Nasional dan Pemkot Pekalongan melakukan nota kesepahaman secara langsung serta dibantu oleh pemerintah dan pengusaha – pengusaha korea dalam program pelatihan Online Marketing yang merupakan salah satu programnya. Namun dalam pelaksanaan program – program lainnya, UNAS dan Pemkot Pekalongan terbuka dari semua bantuan yang datang untuk mensukseskan program kerjasama ini,” ungkapnya di Universitas Nasional, Rabu (12/10).

Selain mendatangani MOU, UNAS menghadirkan Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T. yang akan menjadi salah satu narasumber dalam program pelatihan online marketing yang dilaksanakan tahun 2017. Program online marketing ini bertujuan agar para pelaku UKM di Pekalongan dapat bersaing secara global dan dapat mengingatkan produk – produk asli Indonesia, sehingga tidak dengan mudahnya diakui oleh negara lain.

UNAS dan Pemkot Pekalongan berharap dengan adanya nota kesepahaman ini dapat berdampak positif terhadap pelaku usaha UKM dan masyarakat lainnya. Sehingga dapat tercapainya pengembangan sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat melalui tridarma perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Universitas Nasional.