Pascasarjana FABIONA Kunjungi Oase Tepi Pesanggrahan

Jakarta (UNAS) – Pascasarjana Fakultas Biologi Universitas Nasional (FABIONA) mengunjungi Sangga Buana, Karang Tengah, Jakarta Selatan pada (6/11).  Kagiatan di Sangga Buana ini dilakukan sebagai kerja praktik lapangan untuk mahasiswa pascasarjana FABIONA.

Kegiatan ini bertujuan sebagai sarana melihat teori yang diaplikasikan secara langsung. Untuk kunjungan ini, pascasarjana FABIONA melihat secara langsung kegiatan yang berhubungan dengan mata kuliah bioestetika dan biologi konservasi.

Peserta terdiri dari sembilan orang mahasiswa dari total sepuluh mahasiswa pascasarjana dan diikuti oleh dosen pascasarjana FABIONA yaitu Tatang Mitra Setia, Sri Suci Utami Atmoko, dan Retno Widowati.

Peserta dan dosen didampingi oleh Abah Idin yang merupakan “founder” dari Sangga Buana, beserta anak Abah Idin, dan beberapa teman yang membantu membentuk Sangga Buana. Diceritakan pria paruh baya enam puluh lima tahun ini sudah bertahun-tahun merestorasi tepi sungai Pesanggrahan dengan enam belas kawannya.

Selama berada di Sangga Buana mahasiswa pascasarjana FABIONA mendapatkan banyak hal dari Abah, dari mengetahui sejarah Jakarta, terbentuknya Sangga Buana, menanam pisang endemik, reboisasi di wilayah tepi sungai Pesanggrahan dengan tumbuhan yang dulu memang ada di sungai Pesanggrahan, pupuk biogas, menemukan burung raja udang yang sudah jarang telihat, dan lainnya.

Sri Suci Utami Atmoko yang akrab dipanggil dengan mbak Uci mengatakan sangat menyenangkan dan berterima kasih, selama belajar di sana dapat menemukan banyak hal tentang sejarah dan budaya, serta pengaplikasian secara langsung teori yang sudah dijelaskan yang benar-benar menghasilkan kawasan yang bagus. Walaupun Abah Idin ini tidak tamat SD, menurutnya tetap Abah adalah guru yang baik. “Semua adalah guru, semua tempat adalah sekolah,” tambah Mbak Uci dengan menyebutkan mottonya.

Diharapkan dari sini akan terjalin kerja sama yang baik antara Abah Idin dan pascasarjana FABIONA, terutama dengan dibutuhkannya tenaga ahli biologi di Sangga Buana ini untuk perkembangan selanjutnya. Dengan terjalinnya kerja sama antara Sangga Buana dan FABIONA akan membantu untuk penelitian yang berkelanjutan di FABIONA. (Nbl*)