MoU Unas dan Kemendagri RI di Hari Kelahiran Pancasila

Jakarta ( UNAS)  – Sebanyak 61 Rektor dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri ( PTN) maupun Perguruan Tinggi  Swasta ( PTS), terlihat memenuhi halaman Kementrian  Dalam Negeri  Republik Indonesia ( Kemendagri RI  ) di  Jl. Medan Merdeka Utara No. 7, Jakarta Pusat pada kamis ( 1/6). Kehadiran para Pemimpin di Lembaga Pendidikan tertinggi di seluruh wilayah Indonesia ini guna memenuhi undangan dari Kemendagri  dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila yang diperingati pada tanggal 1 Juni. Dipimpin langsung oleh Menteri dalam Negeri Republik Indonesia,Tjahjo Kumolo, S.H. acara bertajuk “ Penguatan Pancasila, Bela Negara, wawasan kebangsaan serta revolusi mental” ini berlangsung khidmat dan meriah.

Dr. Zulmasyhur, selaku  Ketua Pusat Studi Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan Universitas Nasional menuturkan bahwa kehadiranya pada kesempatan kali ini adalah dalam rangka menemani Bpk. El Amry Bermawi Putera, M.A selaku Rektor Universitas Nasional  yang  sebelumnya telah diagendakan akan bertemu dengan Bpk Tjahjo Kumolo, SH  guna penyerahan MoU/ nota  kerjasama yang telah  digagas oleh Kemendagri dan Unas dalam rangka menanamkan nilai – nilai Pancasila dan menumbuh kembangkan semangat nasionalisme pada diri anak bangsa.

Terdapat beberapa hal, ungkap Zul yang membuat Universitas Nasional dapat terpilih menjadi bagian dari kerjasama antar dua lembaga ini diantaranya : Komitmen Unas dalam hal  pemberantasan  narkoba yang kerap merusak citra pendidikan dan merugikan generasi muda ini nyatanya mampu menjadikan Unas  salah satu universitas di Indonesia yang mampu mengamalkan nilai – nilai yang terkandung didalam Pancasila, ide – ide mengenai wawasan kebangsaan dan  nasionalisme yang telah dirumuskan oleh Pusat Studi Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan Unas mampu menjadikan Unas kampus yang tidak hanya mampu mencetak lulusan – lulusan yang cerdas secara ilmu pengetahuan melainkan cerdas secara emosional. 

“ Unas bersama tim forum kebangsaan yang dibuat oleh 63  PTN / PTS  bersama – sama membuat formulasi berupa buku – buku dan modul – modul mengenai pelatihan dan pendidikan wawasan kebangsaan yang nantinya akan diberikan pada saat Jambore Nasional yang diikuti oleh seluruh mahasiswa dari seluruh Indonesia. Unas pun turut bekerjasama dengan Kemendagri dan Pemerintah Daerah ( Pemda),  dalam rangka menumbuh kembangkan wawasan kebangsaaan dalam bidang  penelitian dan pengabdian kepada masyarakat  yang dalam hal ini di motori oleh Pusat Studi Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan Universitas Nasional”,tutupnya.