Mengasah Diri Menjadi Pemimpin Di Character Building

Jakarta [UNAS] – Materi-materi yang membentuk kepribadian mahasiswa baru Universitas Nasional 2016/2017 terus diberikan oleh dosen-dosen dalam Character Building 2016. Memasuki hari ketiga, Kamis (1/9) materi yang diberikan adalah Leadership & Organization dan Interpersonal Skill.

Menjadi pemateri di character building, Professor Saleh Aman dari University of Malaya menyampaikan bagaimana menjadi seorang pemimpin yang ideal. Menurutnya untuk menjadi pemimpin harus memiliki pertimbangan sosial.

Saleh Aman menjelaskan pertimbangan sosial menentukan bagaimana seorang pemimpin berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya.

“Terutama saat pemimpin itu berbicara, berbicara adalah salah satu komunikasi yang penting. Komunikasi yang dilakukan oleh seorang pemimpin adalah hal penting, karena menyangkut dalam mengungkapkan gagasannya,” ujar Prof. Saleh.

Sedangkan di materi Organisasi, Ucuk Darusalam, S.T., M.T., Dekan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informasi menjelaskan tentang contoh organisasi di dalam kampus.

Menurutnya selama ini ada persepsi yang salah mengenai himpunan, menurutnya himpunan selain dibidang keilmuan tidak terlalu penting untuk studi yang seharusnya dijalani mahasiswa.

“Contohnya dia aktif di himpunan basket mahasiswa padahal dia jurusan teknik, coba cari diluar negeri apa ada himpunan seperti itu? Olahraga cukup dijadikan sebagai hobi, sedangkan himpunan yang berhubungan dengan jurusan itu lebih baik. Adakan kegiatan-kegiatan yang mengembangkan bidang keilmuan yang kalian ambil,” tutur Ucuk. (dif)