MCC UNAS AJAK BELAJAR CARA MONITORING TERUMBU KARANG

JAKARTA [UNAS] – Pusat studi kelautan dan pengelolaan wilayah pesisir Universitas Nasional (UNAS) bersama Marine Conservation Club (MCC) UNAS, mengadakan seminar yang bertema ‘Pelatihan Monitoring TerumbuKarangmenggunakanKamera Underwater Photo Transec’ pada hari Sabtu, (2/4). Acara ini dihadiri oleh Suryo Kusumo, S.Pi, M. Si. dari Asosiasi Koral Kerang Hias Indonesia (AKKI) sebagai pembicara.

“Monitoring terumbu karang ini bermanfaat dalam menjaga dan memantau kondisi terumbu karang di suatu wilayah, yang diharapkan kondisi terumbu karang terjaga dengan baik maupun meminimalisir dampak kerusakan terumbu karang oleh alam dan manusia,” ujar Suryo Kusumo.

Suryo menjelaskan bahwa proses monitoring terumbu karang yang dilakukan untuk dokumentasi dan arsip yang dapat berguna dikemudian hari. Data yang didapatkan nanti mampu menjelaskan kondisi awal monitoring terumbu karang sampai monitoring-monitoring yang berkelanjutan. “Dengan data tersebut diharapkan pemerintah, masyarakat dan lembaga lainnya dapat lebih menjaga dan peduli akan kondisi terumbu karang”, tambahnya.

Selanjutnya, ia berpesan kepada peserta pelatihan dapat memahami cara pengambilan data, pengumpulan data dan analisis data yang baik dan benar, baik untuk kegiatan konservasi maupun kegiatan lainnya termasuk dalam pembuatan skripsi. “Semoga dengan ini terumbu karang Indonesia semakin baik dan lebih baik lagi,” tutupnya.