Materi Softskill dan Intergrity Tutup Character Building

Jakarta [UNAS] – Menjadi salah satu materi terpenting pendidikan karakter bagi mahasiswa baru Universitas Nasional, materi softskill & intergrity menjadi penutup dalam Character Building, Jum’at, (2/9). Seluruh mahasiswa kelas reguler dan kelas karyawan sebelumnya telah mengikuti materi pendidikan karakter pada tanggal 30 Agustus – 2 September 2016.
Menurut Profesor Saleh Aman yang merupakan dosen dari University of Malaya, softskill dan keterampilan memiliki tujuh tahapan.
“Ketujuh tahapan adalah berpikir, berbicara dan berbuat yang termasuk kategori dalam pribadi. Lalu komunikasi, manajemen, penyelesaian masalah dan kemandirian-kewirausahaan masuk dalam kategori keterampilan berkelompok,” ujar Saleh Aman.
Sedangkan Dr. Ray Akbar menyampaikan kepada mahasiswa baru agar tidak minder dengan lulusan perguruan tinggi negeri ataupun swasta lain. Apalagi ketika bersaing saat mencari pekerjaan.
“Lulusan Universitas Nasional tidak perlu minder. Kalian justru harus berbangga, karena di seluruh Universitas tidak ada satupun yang memiliki pelatihan seperti ini (character building) yang mengajarkan integritas,” ujar Ray Akbar.
Ia juga mengungkapkan bahwa integritas dan softskill adalah yang paling dilihat oleh perusahaan besar. (*Dif)