Kunjungan UNAS ke BATAN

Jakarta (UNAS) – Universitas Nasional (UNAS) mengunjungi Badan Teknologi Nuklir Nasional (BATAN) pada Kamis (3/11). Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi serta dosen dari Fakultas Teknik dan Sains, Biologi, Pertanian, dan Ilmu kesehatan.

Pembukaan acara dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaana dan Alumni Universitas Nasional oleh Zainul Djumadin dan Kepala Bidang Promosi dan Produksi Media  BATAN Heru Santosa. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan nuklir kepada mahasiswa UNAS, serta mempererat hubungan dan kerjasama di bidang penelitian antara UNAS dan BATAN. Pemberi materi Kepala Sub Bidang Diseminasi Energi, Dimas Irawan memberikan pengenalan dan pemberian materi tentang tidak bahayanya nuklir agar mahasiswa dan mahasiswi serta dosen tidak takut dengan penggunaan nuklir.

Rombongan UNAS yang terdiri dari berbagai bidang studi ini mengunjungi BATAN yang berlokasi di Pasar Jumat dan Serpong. Aktivitas yang dilakukan di BATAN Serpong lebih kepada bidang Teknik dan Sains, sedangkan pada BATAN Pasar Jumat, penelitian dan penggunaan nuklir lebih kepada bidang Biologi, Pertanian, dan Ilmu Kesehatan.

Di BATAN Pasar Jumat mahasiswa dan dosen melihat fasilitas laboratorium seperti ruang pengawetan dan radiator, tempat untuk pengujian hasil radiasi bibit, laboratorium keselamatan kerja daengan radiasi, dan laboratorium alat ukur serta pembacaan radiasi (TLD).

Menurut salah satu dosen Biologi Dwi Andayaningsih bukan hanya kegiatan di bidang ilmiah saja yang dapat dilakukan oleh BATAN, tetapi bisa berhubungan dengan kegiatan ekonomi, terutama di bidang wirausaha. “ Dengan pengawetan makanan yang tahan lama, contohnya membuat rendanguntuk tahan selama 1,5 tahun dengan radiasi akan memudahkan dalam proses penjualan, terutama ke luar negri,” tambahnya.

Dengan pengalaman dari kunjungan ke BATAN, banyak pengalaman yang didapatkan oleh mahasiswa UNAS. “Kegiatan ini bagus karena dengan kunjungan ini kita dapat mengetahui bahwa nuklir itu tidak berbahaya, terlebih lagi jika dimanfaatkan dengan baik dan benar akan sangat bermanfaat untuk masyarakat,” ujar Panji B Surata Azis, mahasiswa Fakultas Biologi.