Kuliah Umum, Ajak Mahasiswa Belajar Kenbujutsu

Jakarta [UNAS] – Fakultas Sastra Program Studi Sastra Jepang  kembali mengadakan Kuliah Umum yang membahas kebudayaan Jepang. Kuliah Umum Discover Japan ke 19 ini mengangkat tema ‘learn Japanese Ethnic and Leadership From Samurai’ Rabu, (23/3) di Ruang Seminar Lantai 3, Universitas Nasional (UNAS).

Acara yang diselenggarakan Pusat Pengkajian Jepang ini mengundang Master Kenbujutsu Mr. Kawazu Yoshimasa sebagai narasumber.

“Kenbujutsu adalah seni tari di Jepang yang menggunakan Pedang atau Katana Iaito atau Pedang Tumpul,” ujar Kawazu dalam bahasa Jepang yang diterjemahkan oleh seorang penerjemah.

Menurutnya, dengan kenbujutsu kita belajar tentang Bushido, yaitu nilai-nilai yang dianut para ksatria samurai. Sikap, mental dan sifat yang jujur, berani, setia dan memegang teguh komitmen pada kebenaran merupakan ciri khas karakter Bushido para ksatria samurai.

Kuliah Umum juga mengajak praktik langsung kepada mahasiswa menggunakan pedang.  Sejumlah mahasiswa dari sastra Jepang terlihat antusias mengikuti gerakan kenbujutsu termasuk nilai yang terkandung didalamnya.