KSPL Chelonia FABIONA Lakukan Monitoring di Pulau Kayu Angin Bira

Jakarta (UNAS) – Kelompok Studi Penyu Laut (KSPL) Chelonia adalah suatu kelompok studi mahasiswa yang berada di bawah naungan Fakultas Biologi Universitas Nasional (FABIONA). Kelompok studi ini melakukan monitoring penyu sisik di Pulau Kayu Angin Bira, Kepulauan Seribu, Jakarta selama lima hari pada tanggal 5-9 November 2016.

Tujuan dari kegiatan ini untuk memonitor keadaan penyu sisik yang mungkin akan ditemui dan melihat keadaan habitat peneluran penyu sisik di Pulau Kayu Angin Bira. KSPL Chelonia tertarik melakukan monitoring di Pulau Kayu Angin Bira ini karena ditemukan adanya “gap year” penelitian pada tahun 2015.

Monitoring KSPL Chelonia membuahkan hasil untuk keadaan habitat peneluran penyu sisik, tetapi tidak ditemukan penyu yang bertelur karena masih belum musimnya. Selain itu kelompok studi tersebut masih memperkirakan hal yang lain yang memungkinkan ketidak hadiran penyu sisik di Pulau Kayu Angin ini. Kurang beragamnya makanan yang dibutuhkan oleh penyu sisik, pantai yang tidak landai dan laut dangkal yang membuat patahan antara terumbu karang dengan pantai bisa dijadikan faktor alasan tidak datangnya penyu sisikdi pulau ini.

KSPL Chelonia tidak hanya mempelajari tentang penyu sisik dan habitatnya, tetapi tentang ekosistem sebagai penyemibang kehidupan. Kelompok tersebut mengambil data tentang makro algae dan gastropoda yang juga berperan untuk menjaga ekosistem dan habitat alami penyu sisik. Ketua KSPL Chelonia FABIONA, Nadia Putri Rachma mengatakan monitoring selanjutnya diharapkan mendapat hasil yang lebih maksimal dan lebih baik. (Nbl*)