Kerjasama FABIONA dan Poltekes Jakarta 1 Berlanjut

Jakarta (UNAS) – Kerja sama Fakultas Biologi Universitas Nasional (FABIONA) dengan Politeknik Kesehatan Jakarta I Jurusan Kebidanan di bawah naungan menteri kesehatan masih berlanjut sampai saat ini, kerja sama ini sudah dilakukan kurang lebih 18 tahun. Kerja sama ini dilakukan dengan cara Laboratorium Zoologi Universitas Nasional menyediakan laboratorium, preparat, serta pendamping praktikum. Praktikum dengan mahasiswa jurusan kebidanan ini dilakukan dua kali dalam satu semester, pada 19 dan 26 November 2016.

Penyediaan praktikum ini dilakukan dua kali dalam satu semester. Praktikum ini untuk pelajaran biologi dasar dan perkembangan yang berisi tentang biologi reproduksi, materi terdiri dari sistem reproduksi laki-laki dan perempuan, embriogenesis, analisis semen dan siklus epithelium vagina, dan golongan darah, kadar hemoglobin, dan kariotipe.

Mahasiswa jurusan kebidanan yang melakukan praktikum di laboratorium Zoologi Universitas Nasional ini berjumlah delapan puluh orang. Praktikum ini didampingi oleh dosen anatomi dan fisiologi hewan Noortiningsih, Sutarno, dan Suprihatin, serta asistan laboratorium Zoologi dari fakultas Biologi, Nabela.

Mahasiswa yang mengikuti praktikum ini merasa senang karena dengan laboratorium lengkap, dan penjelasan serta dampingan dari dosen dan asistan laboratorium mendapatkan pelajaran dan wawasan yang baik. Mahasiswa Kebidanan Poltekes Jakarta I, Syafitri mengatakan sangat senang dengan pengajar yang dengan sabar mengajarkan mereka tentang biologi dasar dan perkembangan. Diharapkan kerja sama ini akan terus dilakukan untuk menambah jaringan kerja sama fakultas Biologi Universitas Nasional dengan universitas lain.