KAJIAN SATU DEKADE LDII DI UNAS

KAJIAN SATU DEKADE LDII DI UNAS

JAKARTA [UNAS] – Hasil penelitian P3M Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional tentang “Implementasi Satu Dekade Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII)” menghadirkan Robi Nurhadi, PhD Ketua P3M sekolah Pascasarjana Universitas Nasional dan Dr. Firdaus Syam, M.A. Wakil Direktur Pascasarjana.

Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII)  adalah ormas islam yang awalnya bernama LEMKARI (atas arahan Golkar pada tahun 1975) yang merupakan gabungan dari lemkari 1972 di Jatim. Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII)  yang bertujuan menampug bekas anggota Islam Jamaah atau Darul Hadits (1952) yang dilarang oleh Jaksa Agung RI pada 1971 Karena dianggap aliran sesat.

Dalam sambutannya Dr. Firdaus Syam, M.A. menyambut baik kajian tersebut dan  menyatakan bahwa kajian satu dekade LDII dapat digunakan sebagai jejak langkah ormas tersebut selama ini, baik dilingkungan masyarakat maupun lingkungan pemerintahan, dalam kesempatannya di Ruang Aula Blok 1 Lantai IV Universitas Nasional, Kamis (2/6).

Robi Nurhadi menganalisis dalam tulisannya bahwa penerimaan MUI terhadap LDII baik formal maupun verbal, terjadi karena konsistensi sikap LDII dalam mengimpementasikan konsep paradigma barunya yang didukung oleh pola komunikasinya. Selanjutnya Robi memberikan arahan pada ormas islam tersebut untuk terus tingkatkan konsistensi sikap LDII dalam mengimplementasikan Konsep Paradigma Barunya dengan pola komunikasi yang baik.