FTKI UNAS-Universiti Putra Malaysia Melangsungkan Pertukaran Budaya dan Pembelajaran

JAKARTA – Dalam rangka pertukaran budaya dan sistem pembelajaran perguruan tinggi, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTKI) bersama dengan Kantor Kerjasama Internasional (KKI) UNAS mengadakan kegiatan pengenalan sistem pendidikan antara dua kampus secara Internasional. Kegiatan ini mengundang delegasi dari Universiti Putra Malaysia (UPM) dan diselenggarakan di lingkungan Universitas Nasional, Sabtu (26/8).

Tujuan dari kedatangan delegasi tersebut adalah untuk mengetahui bagaimana sistem pembelajaran di UNAS khususnya FTKI. Selain itu, kegiatan ini sebagai bentuk kerjasama antara dua kampus dan mempererat tali silaturahmi antara UNAS dengan UPM. “Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi mahasiswa FTKI dan UPM karena kami bisa mendapatkan teman baru, jaringan baru, dan tahu bagaimana sistem pembelajaran dari negara lain,” ujar Novindra Prasetyo selaku ketua pelaksana dalam kegiatan tersebut.

Pria jurusan sistem informasi angkatan 2015 itu juga menambahkan bahwa dengan adanya kegiatan ini mahasiswa juga dapat melatih public speaking dan tahu menahu bagaimana cara membuat presentasi yang bagus. Menurutnya, kesempatan ini merupakan hal yang baik bagi UNAS sendiri khususnya FTKI mengingat UPM merupakan kampus ternama di Malaysia. “Saya berharap semoga dengan adanya kegiatan ini kita dapat menjalin hubungan baru dan mempererat hubungan yang lama dengan UPM” tutup Novindra.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada (26,28/8) dan bertempat di Ruang Seminar Blok 1 Lantai 3 UNAS. Bentuk kegiatan ini adalah presentasi kedua kampus, diskusi, keliling lingkungan UNAS, gamessport activity dan diakhiri dengan jalan – jalan keliling kota Jakarta pada hari ke dua.

Salah satu delegasi dari UPM, Nur Hamizah Binti Azmain mengungkapkan kegembiraanya setelah datang ke UNAS. “Saya senang sekali datang ke UNAS, pelayanannya baik dan mahasiswanya ramah – ramah. Saya harap semoga mahasiswa UNAS juga dapat datang ke kampus kami. Kami akan sambut dengan baik sekali,” harapnya. Perempuan yang akrab disapa Mia tersebut juga menambahkan bahwa mahasiswa dari UPM yang hadir merupakan mahasiswa terbaik yang dipilih oleh kampus, dimana mereka merupakan bagian dari organisasi majelis tertinggi mahasiswa. “Saya berharap semoga kita dapat lebih mengenal satu sama lain dan mempererat hubungan diantara kami,” tutup perempuan yang hobi bersepeda tersebut. 

Kegiatan yang berlangsung pada pukul 09.00-16.00 WIB ini dihadiri oleh dosen dari FTKI yaitu Ir. Endah Tri Handayani, MMSI dan diikuti oleh 11 Mahasiswa dari UPM yang terdiri dari jurusan Fisika, Biologi, Kimia, dan Komputer serta 12 Mahasiswa dari FTKI yang terdiri dari 6 mahasiswa dari Teknik Informatika dan 6 Mahasiswa dari Sistem Informasi.