Fakultas Biologi Kembali Raih Akreditasi A

JAKARTA – Fakultas Biologi Universitas Nasional (FABIONA) kembali memperoleh akreditasi A (sangat baik) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) selama 3 periode berturut – turut.  Poin yang berhasil dicapai adalah 371 dari skala 400, dan merupakan kategori sangat baik dalam sisem akreditasi. Hal itu tidak terlepas dari usaha bersama seluruh komponen FABIONA dan Universitas Nasional.

“Alhamdulillah, saya sangat senang dan bangga terhadap Fakultas Biologi UNAS yang dapat mempertahankan akreditasi A selama 3 periode. Saya berharap semoga Biologi UNAS dapat berguna bagi masyarakat dan menjadi patokan bagi kami untuk beraktifitas sesuai dengan hal-hal yang digariskan. Mudah mudahan semua bisa menjadi lebih baik termasuk dalam melengkapi dokumen-dokumen mengingat reakreditasi mendatang dilakukan secara online,” ucap Drs. Imran Said Lumban Tobing, M.Si. selaku Dekan Fakultas Biologi Unas dalam acara Halal Bihalal FABIONA, Kamis (20/7).

Nilai akreditasi yang didapatkan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), berlaku selama satu periode yaitu 5 tahun, dan Fakultas Biologi UNAS, berhasil mempertahankan nilai A selama 3 periode berturut-turut.

 Ia  menambahkan bahwa tidak ada hal khusus yang dilakukan untuk mempertahankan akreditasi tersebut melainkan akreditasi itu memonitor dan menilai apa yang dilakukan oleh institusi. Dalam hal ini, dosen dan mahasiwa sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang digariskan hanya berupaya meningkatkan standar minimal yang ditentukan oleh diknas dan dimonitor oleh BAN PT. Dosen juga harus mempersiapkan cara mengajar dengan benar dan riset publikasi. Khusus mahasiswa, selain kuliah mereka juga harus melakukan aktivitas-aktivitas yang mendorong proses perkuliahan. Hal itu adalah kegiatan yang harus dilakukan untuk proses akreditasi.

Menurut Ketua Pengurus Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (YMIK) Dr. Ramlan Siregar, M.Si, terkait dengan peroleh peringkat A untuk FABIONA adalah hal yang pantas. ‘’Bukan merupakan hadiah tapi karena memang kita punya kompetensi. Saya berharap supaya kedepannya bisa mempertahankan akreditasi ini mengingat jumlah peminat jurusan ilmu-ilmu murni di perguruan tinggi  selalu berkurang. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan promosi yang benar agar masyarakat dapat mengesampingkan pemikiran berbeda mengenai hal tersebut,’’ ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T. M.T. meyakini bahwa Fakultas Biologi secara kultur akademik termasuk fakultas yang sudah mapan di Unas. Hal itu disebabkan karena sumber daya manusia yang mumpuni dan penelitian – penelitian yang dilakukan oleh FABIONA menjadi hal yang mendominasi dalam penentuan akreditasi “Saya pribadi merasa bangga, semoga program studi yang lain akan mengikuti dan mudah-mudahan dapat memberikan dampak pada peningkatan jumlah mahasiwa. Selamat kepada FABIONA semoga kedepannya dapat lebih baik” ungkapnya.