Dorong Kewirausahaan, Rektor UNAS Terima Delegasi Panitia UNAS Expo

JAKARTA (UNAS) – Rektor Universitas Nasional, Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A mengaku bangga atas kesuksesan panitia Universitas Nasional Entrepreneur Expo (UNAS Expo). Event yang digelar selama dua hari pada 22-23 Mei 2017 itu, sejalan dengan cita-cita Universitas Nasional untuk mencetak para wirausahawan mandiri dari kampusnya.

 ‘’Masalah utama bangsa ini adalah soal mentalitas. Karena dari dulu kita sudah dididik dan didoktrin oleh orangtua kita untuk mencari pekerjaan setelah lulus kuliah. Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), agar kehidupan terjamin. Tidak ada yang mau jadi wirausahawan. Namun, Universitas Nasional sudah sejak tahun 2009 mewajibkan seluruh mahasiswanya untuk mengambil mata kuliah kewirausahaan. Karena kami yakin, ini adalah jalan keluar untuk mengatasi salah satunya masalah pengangguran, dan ekonomi,’’ papar El Amry.

 Rektor menggambarkan bagaimana persaingan dunia kerja ketika para mahasiswa nanti lulus. ‘’Berapa jumlah kalian yang kuliah sekarang, bayangkan ketika lulus nanti. Jumlah angkatan kerja akan meningkat, sedangkan lapangan pekerjaan terbatas. Solusinya adalah melalui wirausaha,’’ ujarnya. Untuk itu, Rektor meminta agar kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan sebagai wadah ide kreatif dan inovasi mahasiswa UNAS dan tempat untuk mempraktekkan teori yang didapatkan di bangku kuliah.

 Dalam laporannya, Ketua Steering Committee UNAS Expo 2017, Dwitya Kirana menyampaikan laporan pelaksanaan UNAS Expo 2017. ‘’Kami laporkan Bapak Rektor bahwa belum lama ini UEC dan UPT Kewirausahaan telah menggelar UNAS Expo selama dua hari. Kegiatan meliputi Bazar produk kreatif dan seminar yang mendatangkan para wirausahawan muda seperti Reino Barack dan Andreas Sanjaya. Kegiatan ini melibatkan ratusan mahasiswa yang mengambil mata kuliah kewirausahaan dan juga pihak luar serta diliput oleh berbagai media baik lokal maupun nasional,’’ ungkap Dwitya yang juga merupakan dosen kewirausahaan UNAS.

 Ia berharap agar kewirausahaan bukan menjadi opsi terakhir bagi para mahasiswa yang ingin terjun dan berusaha mandiri. ‘’Di Indonesia ini banyak Unit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berdiri, namun sedikit yang berasal dari pendidikan tinggi. Sehingga tingkat kesuksesannya menjadi rendah. Untuk itu, bagi yang ingin terjun ke dunia kewirausahaan, jangan setengah-setengah. Jangan jadikan ini opsi terakhir, atau sebanding dengan karir. Harus jadikan ini opsi utama,’’ paparnya.

 Pertemuan dengan Rektor Universitas Nasional ini sangat membekas di hati Ketua Panitia UNAS Expo, Jalu Bari Handala dan Hastroli Ria Koma Utama, Ketua UNAS Entrepreneur Club (UEC). ‘’Saya speechless ketemu Pak Rektor, tapi senang sekali dan bangga. Ini merupakan pencapaian terbesar dalam hidup saya bisa menjadi ketua kegiatan UNAS Expo. Banyak softskill yang saya dapatkan, mulai dari team work, leadership, hingga pelajaran manajemen event,’’ kata Jalu yang juga mahasiswa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Nasional.

 Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua UEC, Hastroli Ria Koma Utama. ‘’Saya bangga sekali bisa mengenalkan UEC ke Pak Rektor. Ini pengalaman saya yang luar biasa,’’ ujar mahasiswa program studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika ini, yang saat ini memimpin 50 orang anggota UEC dari berbagai fakultas dan program studi.