BPM Lakukan Audit Internal Menuju Akreditasi Intitusi

Jakarta [UNAS] – Demi meningkatkan mutu instansi Universitas Nasional (UNAS), Badan Penjaminan Mutu(BPM) UNAS melakukan beberapa langkah. Salah satunya adalah melakukan Audit Internal Badan dan Biro-biro yang ada di Universitas Nasional.

Audit Internal yang dilakukan Badan Penjaminan Mutu (BPM) UNAS telah berlangsung sejak Mei – April 2016. Sebanyak 19 Badan, Biro dan UPT serta 14 program studi di Universitas Nasional diaudit demi meningkatkan mutu institusi.

Tujuan utama dari Audit Internal ini adalah akreditasi institusi yang akan diadakan pada tahun 2017 nanti. “Target BPM (Badan Penjaminan Mutu) dalam audit adalah untuk mendukung akreditasi program studi dan institusi yang secara rutin dilakukan oleh BAN-PT,” ungkap Kepala Badan Penjaminan Mutu Masidin, S.H., M.H.

Masidin menjelaskan bahwa BPM melakukan audit internal kepada unit kerja akademik maupun non akademik unutk memenuhi standar. Standar yang harus dipenuhi adalah standar borang BAN-PT.

Audit yang dilakukan BPM pun tidak berhenti sampai ditahap audit pertama saja. Tapi akan dilakukan audit kedua untuk melihat peningkatan. “Audit kemarin akan berlanjut, kami akan mengecek apa yang kami temukan ditindaklanjuti atau tidak,” ujar Masidin.

Masidin juga berharap melalui audit internal ini dapat meningkatkan mutu Universitas Nasional “Harapan BPM setelah audit internal semua persyaratan yang diminta BAN-PT terpenuhi. Akreditasi menjadi meningkat, yang C menjadi B, B menjadi A dan A tetap mempertahankan kualitasnya,” tutup Masidin.