BBC Ardea FABIONA Rayakan Hari Bumi 2016

Jakarta [UNAS] –  Biological Bird Club (BBC) “Ardea” Fakultas Biologi UNAS mengadakan Seminar dan Workshop bertajuk “Pelatihan dan Pengamatan Biodiversitas Hutan Kota” di Hutan Kota Cijantung dan Hutan Kota Dukuh, Jakarta Timur pada 29-30 April 2016. Acara tersebut merupakan kerjasama antara BBC dengan Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam (IMAPALA) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta. Acara ini diselenggarakan sebagai aksi nyata memperingati Hari Bumi Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 April 2016.

“Sebelum melakukan pengamatan di Hutan Kota, para peserta diberikan pembekalan mengenai kajian biodiversitas, teknik mengamati satwa liar dan motivasi pelestarian lingkungan”, ujar Aditya Ramadhan selaku ketua pelaksana kegiatan.

Hadir sebagai narasumber, yaitu Agus P.Dharma, S.Pd, M.Si, Ahmad Baihaqi dari Biodiversity Warriors yang juga merupakan lulusan Fakultas Biologi UNAS, dan Fadlik Al- Iman dari Klub Indonesia Hijau.

“Biodiversitas perkotaan dapat kita jumpai dilingkungan sekitar kita, seperti di pekarangan rumah, lingkungan kampus hingga Hutan Kota” Ujar Ahmad Baihaqi dalam presentasinya.

Baihaqi menjelaskan “Biodiversitas merupakan sumberdaya alam yang memiliki nilai tinggi, baik dari segi ekologi, ekonomi, seni dan rekreasi serta memiliki hubungan timbal balik dengan lingkungannya”.

Puluhan peserta yang berpartisipasi, dibagi menjadi kelompok kecil dan menelusuri seluruh jalur yang ada di Hutan Kota. Hebatnya, seluruh peserta hadir dari latar belakang pendidikan yang berbeda, seperti ekonomi, gizi, bahasa inggris, dan teknik.

Pengamatan dilakukan selama dua hari, yaitu hari sabtu dilakukan di Hutan Kota Cijantung pada pukul 14.00-17.00 WIB dan hari minggu di Hutan Kota Dukuh pukul 08.00-10.00 WIB. Hadir sebagai instruktur pengamatan burung, Dewi Ayu Anindita dari Biological Bird Club (BBC) “Ardea” Fakultas Biologi UNAS.

Dewi memaparkan “Satwa liar seperti burung, beraktivitas pada pukul 06.00-10.00 dan 15.00-18.00 WIB”.

“Pada pagi hari, burung pergi mencari makan dan bersosialisasi sedangkan siang hari burungpun mencari tempat teduh untuk berisitirahat. Kemudian menjelang sore beraktivitas kembali dan kembali ke tempat istirahatnya”. Pungkas Dewi yang merupakan Anggota Divisi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat BBC Ardea FABIONA.

“Kegiatan pengamatan burung di alam baru pertama kali saya lakukan, ternyata masih lumayan banyak burung yang hidup di Jakarta” Ungkap Agus Budi Setiawan salah satu peserta yang terlibat dalam pengamatan biodiversitas.

Selain lakukan pengamatan biodiversitas di Hutan Kota, dilakukan juga pembagian dan penanaman bibit pohon, kreasi kaos tie dye dan bersepeda keliling kampus sekaligus mengkampanyekan pengurangan gas emisi karbon.