Antara Aku, Kau dan CB

Bagi kalian yang saat ini telah lulus dari SMA  ataupun SMK sederajat pastinya sudah tidak asing lagi dengan slogan atau yel – yel “ The Power Of Putih Abu – Abu” yap!!! mantra sakti yang satu ini pastinya sangat mujarab diucapkan menjelang hari pengumuman kelulusan. Banyak dari kita meluapkan  rasa  kegembiraan, kebanggaan serta rasa suka cita atas keberhasilan dan jerih payah selama tiga tahun sekolah dengan berbagai cara yang beragam.  Ada yang berkonvoi ria dengan bersama- sama turun ke jalan, ada yang mencoret – coret seragam bahkan ada yang sampai tawuran. Saat itu tidak ada hari yang lebih bahagia dari hari kelulusan kita. 

Waktu berganti hari pun berlalu  tanpa terasa kita dan para sahabat kita saat ini telah dipisahkan dengan satu tujuan dan cita – cita yang berbeda. Ada diantara kita yang sehabis lulus SMA/ SMK langsung memutuskan untuk bekerja  bahkan ada juga yang langsung menikah hheee.  Namun bagi kita yang memilih untuk kuliah sebagai destinasi berikutnya, kalian tidak usah khawatir kalau nanti kalian bakal di bully atau bakal dibuat susah dengan disuruh bawa ini dan itu.  Kok bisa sih enggak ada bullying sama sekali, masa sih enggak disuruh bawa yang aneh – aneh  terus kalau begitu kita disuruh ngapain dong ???

Cieeee ada yang kepo tuh hee, tenang UNAS punya jawabannya  kok,, cuma butuh 1 menit untuk menjawab semua pertanyaan kalian. Jawabannya adalah Pelatihan Character Building UNAS!! Program ini sudah berjalan selama 4 tahun lhoo, program ini diperuntukan bagi kalian CAMABA UNAS, sebagai ucapan Selamat Datang di UNAS. Tujuannya selain agar kalian lebih jatuh hati lagi sama UNAS, kalian juga akan dapat materi-materi yang bermanfaat tidak hanya selama kuliah tapi juga pasca lulus… Mau tau seperti apa sih programnya,, eiittss mau tau aja apa mau tau bingit ?? Hhhhe ,, Yuks, kita kenalan dengan  Character Building ( CB ).

1. Emang apa sih bedanya OSPEK dan CB  ??? 

Ya jelas beda banget lah,, kalau di OSPEK kalian disuruh bawa ini – itu yang terkesan ribet dan tidak mengedukasi kalau di CB kalian cukup membawa seperangkat alat tulis dengan pakaian rapi, kalau di OSPEK kalian berada dalam suasana yang tegang dan mencekam kalau di CB kalian dibawa dalam nuansa yang nyaman, fun serta kental dengan nuansa  akademis nan modis hhee. Satu lagi hal yang bakalan nyesel kalo kalian lewatkan,, kalau di OSPEK kalian kental dengan Bullying sementara di CB kalian dijadikan Ratu dan Raja hhee . Kalian bakal  disambut dengan para pemberi materi yang terdiri dari guru besar, doktor serta dosen – dosen yang membawakan materi dengan santai, nyaman serta gampang dicerna oleh fikiran kita guys.

 2. Penting Gak  sih Ikut CB ?

Ya penting banget lahhh,, secara kalian sebagai mahasiswa baru emangnya mau pas baru masuk kuliah masih planga – plongo terus tanya sana sini buat cari ruangan kelas atau enggak tau dimana sekretariat dan perpustakaan nya . Pasti keliatan cupu banget kan,, . Nah dengan ikut CB kalian akan tahu banyak tentang UNAS, kalian nantinya juga akan dibekali oleh para pemberi materi yang asyik dan keren. So bagi kalian yang ingin banyak temen, banyak ilmu, atau bahkan dapet pacar hheee. Segera gabung di CB.

3. Apa saja materi yang diberikan di CB

Jadi di CB nanti kalian dibagi menjadi beberapa kelas sesuai dengan jurusan program studi yang kalian pilih. Nanti dikelas kalian akan dibekali dengan beberapa materi diantara Pengenalan Kampus, Tata cara Belajar Mengajar di Kampus, Kreativitas Mahasiswa serta Wawasan Kebangsaan. Jadi kalian g usah kuatir kalau nanti bakal disuruh push up, disuruh pakai sepatu lain warna hheee… Helllooooo hempaskan ingatan kalian tentang OSPEK bro (sambil geleng – geleng kepala)..

4. Apa sih Bukti Kongkrit kalau Kita Udah Ikut CB ??

Nah tahukah guys kalau saat ini kita sudah memasuki era KKNI.  Jadi Pemerintah Indonesia tuh punya program kurikulum baru yang bernama Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia  (KKNI). Trus apa hubungannya antara KKNI dan CB. Jadi  pemerintah itu menginginkan agar  para lulusan sarjana nantinya tidak hanya pintar dalam  akademik saja melainkan juga harus diimbangi dengan keterampilan berorganisasi, bersosialisasi sehingga dapat membentuk karakter dan kepribadian yang bertanggung jawab dan berintegritas.  Nah didalam KKNI itu kita diwajibkan memiliki SKPI ( Surat Keterangan Pendamping Ijazah) yang didalamnya berisi tentang rekam jejak mahasiswa ketika menjalani perkuliahan dan menjadi pendukung segala prestasi yang kamu cantumkan di CV. SKPI bukan ijasah atau transkrip akademik, guys. Meskipun begitu, SKPI bisa dikeluarkan oleh perguruan tinggi negeri ataupun swasta. SKPI dibuat dalam bentuk narasi deskriptif yang gampang dipahami sama masyarakat umum. Jadi simple nya gini bro and sis, nanti setelah kalian mengikuti CB kalian akan mendapatkan sertifikat yang dimana sertifikat itu nantinya sangat dibutuhkan oleh kalian terlebih lagi saat kalian melamar kerja guys. Jadi sertifikat CB yang kalian dapat itu sebagai contoh kongkrit dari SKPI guys.

So… bagi kalian CAMABA UNAS yang mau tahu lebih banyak tentang UNAS, sistem pendidikannya, gimana lulus dengan kompetensi yang handal dan mau dapet Sertifikat Gratis untuk bekal melamar kerja pasca lulus nanti, Segera gabung yuks di CB  pada tanggal 7- 9 September 2017.