Kornation 2016: The Color of Korea

Jakarta [UNAS] – Akademi Bahasa Nasional (ABANAS) Program Studi Korea kembali menggelar Kornation 2016. Kali in, hajatan besar itu mengangkat tema ‘The Color Of Korea’ yang diadakan Sabtu (16/1) di Aula Universitas Nasional.

Kegiatan diawali dengan Kuliah Umum yang bertema ‘Prospek Pembelajaran Bahasa Korea Terhadap Kebutuhan Tenaga Kerja Pada Perusahaan Korea Baik di Dalam Negeri Maupun di Luar Negeri’ yang mengundang Hadi Saputro, Kepala Bagian Pembagian Tenaga Kerja (Binapenta).

Hadi Saputro mengungkapkan bahwa prospek tenaga kerja di korea sangat tinggi, saat ini saja cukup banyak warga Indonesia yang menetap di Korea. “Tenaga Kerja melalui pemerintah cukup banyak, sekitar 38.000 warga Indonesia berada di Korea baik sebagai pekerja ataupun pelajar. Disana semua gaji di Korea di samakan untuk pegawai warga Korea ataupun asing,” ungkap Hadi Saputro kepada para peserta yang terdiri dari tamu undangan, mahasiswa serta murid-murid SMA.

Saat mengikuti tes kerja disana tidak ada bahasa lain yang di tes selain bahasa Korea. Tidak bisa bahasa lain tidak terlalu dipermasalahkan oleh mereka. Selain itu, perusahaan disana sangat senang mengambil tenaga kerja Indonesia. “Perusahaan-perusahaan Korea sangat senang mengambil tenaga kerja dari Indonesia karena orangnya rajin dan ulet,” tambah Hadi.

Kuliah Umum yang mengundang murid-murid SMA di Jakarta ini juga mengundang tamu penting. Diantaranya, Atase Pendidikan dan Ketenagakerjaan pada Kedutaan besar Korea untuk Indonesia, Kim Young Woon; Kepala Persatuan Volunteer Chung Ang University, No Young DO, Kepala Korean Kultural Center (KCC), Presiden Direktur Hanin News, Presiden Direktur KEB HANA Indonesia dan Ketua Bagian Bantuan dan Kerjasama (KORINDO).

Kornation 2016: The Color Of Korea

ABA Korea National Exhibition yang selanjutnya disebut Kornation merupakan annual event dari Program Studi Bahasa Korea Universitas Nasional yang selalu mengangkat tema The Color Of Korea pada setiap eventnya. “Selain untuk mempromosikan Prodi Bahasa Korea di Unas, Kornation hadir untuk menyalurkan bakat para mahasiswa ABA Korea yang bukan hanya pintar dalam berbahasa Korea, tapi juga kebudayaan Korea,” ujar Fitri Meutia, S.S., M.A.

Kegiatan dalam Kornation tahun ini diantaranya Speech Contest, Talent Show, Korean Dance Performance dan disediakan Photo Booth Gratis menggunakan Hanbok yaitu pakaian tradisional Korea.

Kornation 2016 juga turut diramaikan oleh mahasiswa Chung Ang University (CAU) yang sedang melakukan kegiatan volunteer di Universitas Nasional. Mereka ikut menampilkan budaya korea baik tradisional maupun modern. Mahasiswa CAU sendiri berjumlah 26 orang yang akan berada di Indonesia sampai tanggal 23 Januari 2016.